RAKOR RELAWAN

Dilihat : 90 Kali, Updated: Sabtu, 21 Desember 2019
RAKOR RELAWAN

    Dalam Rangka Penguatan Ketangguhan Masyarakat diwilayah Kabupaten Banyumas. Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaksanakan Kegiatan Rakor Relawan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 09.00 WIB-selesai. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor BPBD Kabupaten Banyumas yang beralamat Jl. H.M. Bachroen Kelurahan Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan organisasi relawan yang ada diwilayah Kabupaten Banyumas.

    Pelaksanaan Kegiatan Rakor mengacu pada surat BNPB No. Und.175/BNPB/PDM/PK.02.01/12/2019, Perihal Permohonan Fasilitasi Peserta Koodinasi Relawan dalam rangka Penguatan Ketangguhan Masyarakat. Kegiatan Rakor ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari perwakilan relawan antara lain: FPRB di Kab. Banyumas, Purwokerto Rescue, KSB Sumbang, Serayu Rescue, PMI dan UBALOKA Banyumas. Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Tengah. Materi yang disampaikan:

  1. Prinsip-prinsip Desa/Kelurahan Tangguh Bencana
  2. Konsepsi Desa/Kelurahan Tangguh Bencana.

Adapun pendapat dari beberapa narasumber antara lain:

  1. Pak Konsul (BPBD Provinsi Jawa Tengah), “diharapkan dari Rakor tersebut memberikan manfaat dan turut serta mengembangkan kemasyarakat luas. Selain itu Kesiapan dalam menghadapi musim penghujan".
  2. Pak Wartono (Perwakilan BNPB Dit. Pemberdayaan Masyarakat), “Kebencanaan adalah urusan bersama. Edukasi tentang Penanggulangan Bencana dikalangan masyarakat itu sangat penting. Kecepatan pemerintah hadir dalam suatu kejadian bencana sangat penting, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat".

Menurut Pak Ariono (Kalakhar BPBD Kabupaten Banyumas), “kegiatan Rakor yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan sebagai ajang berdiskusi mengenai penanggulangan bencana, ada rakor berikutnya serta pelatihan-pelatihan kebencanaan berbasis masyarakat”.

Komentar